Sajak Kesal yang Tak Bisa Dimengerti Pacar

(bersama Hyde Asmarasastra)

aku mulai sajak ini ketika Presiden sedang dicaci maki sebab mengangkat banyak wakil menteri. nah, aku perlu mengatakannya bukan tak bisa mengingat waktu. tetapi karena harapan bisa menjadikannya alibi ketika kau mendapatkan kalimat-kalimat yang tak kau mengerti.

mungkin tak masuk akal, tapi sesuatu tak perlu sesuai dengan pikiran yang cuma sejengkal. atau, katakanlah aku terlalu sentimental, ketika membayangkan ia menenangkan hati menantunya yang bapaknya dijebloskan ke dalam penjara. “tenang anakku, sebentar lagi ada pembunuhan tingkat dewa, seseorang akan masuk penjara lebih lama dari bapakmu.”

aku mulai sajak ini ketika Presiden sedang di televisi. orang-orang nonton sambil makan kacang goreng dan minum kopi. ada yang mengantuk, tapi kebanyakan merutuk. katakanlah aku terlalu sentimental ketika membayangkan ia dimarahi istrinya karena tak segera membelikan lensa tele yang akan segera dipamerkan kepada ajudan, wartawan, dan istri-istri menteri.

aku merutuk saat memulai sajak ini sambil menyaksikan Presiden di televisi. kau terlihat mengantuk dengan kepala tertunduk-tunduk dan mata memejam sesekali. entah karena bicaranya yang terlalu lamban. atau karena aku yang tak kunjung usai mengoceh soal penjara, lensa, dan peristiwa lainnya–deretan kalimat yang kaubilang tak pernah kaumengerti.

ah sayangku, bukan karena bisa mengingat waktu dan merasa mampu menjadikannya alibi. jika aku memutuskan berhenti nyerocos untuk sesuatu kekesalan yang tak akan kunjung kau mengerti. katakanlah, kita berdua tiba-tiba sentimental dengan melakukan hal-hal sederhana yang menyenangkan, seperti menebak berapa berat kantung mata di wajah Presiden, sambil makan kacang goreng dan minum kopi.

10 thoughts on “Sajak Kesal yang Tak Bisa Dimengerti Pacar

  1. kalau ada bagian yang keren dari sajak ini pasti itu bagian Disa. yang sudah dikenal
    dengan gaya pemilihan kata sederhana namun menyentuh. sehingga dengan mudah
    bisa menyebabkan kontraksi otot dalam kulit (baca: merinding) dan dalam beberapa
    bagian bisa mengaktivasi kelenjar air mata (baca: menangis). sebenarnya saya sudah mencoba menggiringnya ke arah yang agak lain. tapi rupanya kelihaian dan sentuhannya dalam mengolah hal-hal sederhana sudah demikian mengakar. artinya, kalau ada bagian yang nyinyir gak jelas dari sajak ini pasti itu bagian saya.

    mabuk gak Dis sama pujiannya? *dikeplakpakailinggissampaikeinggris*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s