CROT!

Kalau harus nulis sesuatu kayak yang dibilang Lucky, ini yang akan gue tulis. Eh emang gue udah pengen nulis ini dari pas baru pulang, tapi gak sempet-sempet. Sebenernya gue mau nulis ini semalem. Tapi semalem gue lagi emo, jadi kalo gue tulis pasti jadinya norak *oke ini gak penting*. Dan maafkanlah kalo gue berlebihan, namanya juga perempuan.

Mari kita mulai dengan mengatakan sejujur-jujurnya bahwa tahun ini gue menikmati minggu ulangtahun terbaik selama 21 tahun hidup gue. Selain karena gue terpaksa mandi jam setengah 4 pagi gara-gara kepala gue penuh telor, juga karena tahun ini adalah pertama kalinya gue mendapatkan hadiah ulangtahun berupa satu minggu pengalaman dan pelajaran baru.Pengalaman yang bukan sekedar nyobain sarden campur ‘kecoa’, dan pelajaran yang bukan cuma sebatas motong bawang dan ngupas kentang (tapi beneran kemarin itu gue baru belajar motong bawang dan pulang-pulang gue langsung masak nasi goreng lho. walaupun rasanya kacau HAHA).

Katakanlah kemarin adalah pertama kalinya gue melihat Dhira dan Kardi mondar mandir tanpa celana setiap pagi hidup seminggu tanpa listrik dan uang sepeser pun. Tapi sejak sebelumnya juga gue udah memperkirakan kalau seminggu itu bakal jadi salah satu minggu terbaik gue—dan memang demikian adanya. Pertama kalinya gue seminggu penuh tidur satu tenda sama manusia-manusia yang kerjanya ketawa tanpa henti tiap malam, tapi kerja kerasnya juga tanpa henti tiap hari. Pertama kalinya gue merasa sebebas itu melakukan apapun yang gue mau, yang biasanya gak pernah gue tunjukin ke banyak orang (makanya kalian jadi salah satu dari sedikit orang yang bener-bener tau semalas apa gue mandi hahahaha). Pertama kalinya gue merasa nyaman sama orang-orang yang sebagian besar belum bener-bener gue kenal sebelumnya dalam waktu kurang dari seminggu. Dan pertama kalinya gue se-excited itu ngeliat bintang jalan-jalan di langit HAHAHA.

Dan selama 21 tahun hidup gue, malah pas di tengah hutan sana gue mencicipi sebagian kecil rasanya jadi ibu rumah tangga (sebenernya gue mau bilang pembantu rumah tangga, tapi ga tega sama diri sendiri). Gimana gue dan Nenti harus nyiapin makanan pagi-siang-malem pada waktunya dan sebelum cowo-cowo itu selesai kerja. Gimana kita (yang aslinya cuek parah) harusnya inget buat selalu nawarin dan nyediain minuman karena kalau kerja itu pasti capek dan haus, dan terlalu malas buat teriak minta minum. Juga mencicipi sebagian kecil rasanya jadi gadis desa, yang kerjanya nyuci piring di sungai sambil nyanyi lagu dangdut dan niupin tungku buat masak air biar apinya gak mati. Sayang aja gak ada jejaka desa tampan yang liat.

Sekali lagi, yang gue dapet gak sebatas hal-hal teknis. Contoh kecil aja, setelah seminggu bareng terus, gue jadi sadar kalau Said itu galak dan Abay kaya Sun Go Kong (itu pujian lho Bay, gue selalu menganggap Sun Go Kong itu sangat ganteng). Gue jadi sadar kalau gue sembarangan banget naro barang-barang berharga gue (tapi harga diri ngga kok). Gue jadi sadar kalau beberapa orang yang sebelumnya cuma gue kenal selewat doang aslinya gak selalu seperti apa yang gue pikirkan sebelumnya. Gue jadi sadar kalau gue sangat lemah dan pengeluh setelah ngeliat ibu-ibu jalan manggul kayu bakar sambil gendong anak, dan masih bisa becanda.

Yang terpenting, gue dapet temen-temen baru & I’m so thankful for that. Dan orang-orang ini seberharga itu buat gue sampe gue takut keakraban yang udah ada selama seminggu itu ilang gitu aja. Ya kalo gue cowo sih akan selalu ada advance taun berikutnya, hehe. Tapi kan gak mungkin taun depan gue ikut lagi.

Oke mulai berlebihan dan gue malu. Mari kita hentikan sampai disini.

Yah, terimakasih untuk seminggu yang menyenangkan lah. Dan terimakasih buat Erlan & Dhira yang udah ngajakin gue ngadvance. Kapan-kapanlah ngecos lagi kita haha.

Cos cos crott.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s