Komedi Baju dan Hidup

Ada kalanya kita baru sekali beli baju.

Ada kalanya baju yang kita pake nyaman, dan memang nyaman seterusnya.
Ada kalanya kita pengen beli baju baru saat yang lama masih enak dipake.

Ada kalanya yang lama udah gak muat tapi kita masih gak rela ngebuang, jadi disimpen aja.
Ada kalanya yang lama udah bener-bener dibuang, atau dijual lagi.

Ada kalanya kita beli baju baru.

Ada kalanya kita nyaman pake baju yang baru dan lupa sama baju yang lama.
Ada kalanya kita berpikir kalau baju lamanya tetep disimpen, kita gak akan pengen make lagi.
Ada kalanya kita berpikir kalau baju lamanya dijual tapi masih suka diliat di tokonya, kita gak akan pengen make lagi.

Ada kalanya kita ngerasa ada yang gak didapet waktu pake baju baru, yang cuma ada di baju lama.

Ada kalanya ada sesuatu di baju baru yang gak ada di baju lama.

Ada kalanya kita sadar,
Ada kalanya ngga.

Ada kalanya kita alhamdulillah aja dan berusaha membiasakan diri dengan itu.
Ada kalanya kita gak berusaha, dan pengen pake baju lama lagi.

Ada kalanya baju yang lama udah dibeli orang lain.

Ada kalanya kita menimbang-nimbang apakah sebaiknya yang lama dipake lagi.
Ada kalanya kemudian baju barunya kita lepas, dan masih menimbang-nimbang.
Ada kalanya si baju baru digantung entah berapa lama.

Ada kalanya walaupun yang lama udah kekecilan, kita berpikir untuk berusaha ngurusin badan.
Ada kalanya kita berpikir mungkin bajunya bisa mengembang.

Ada kalanya walaupun yang lama udah dibeli orang, kita berpikir untuk beli lagi dari orang itu. Atau nyuri kalau perlu.

Ada kalanya kita sadar kalau mencuri itu gak baik.
Ada kalanya kita sadar aja itu gak mungkin, dan kita jadi bingung.

Ada kalanya baju yang baru letaknya terlalu dalem di lemari, sehingga gak keliatan waktu kita butuh banget.

Ada kalanya baju yang lama letaknya malah di depan mata.

Ada kalanya kita tetep nyari si baju baru.
Ada kalanya yang terjadi sebaliknya.

Ada kalanya kita plin plan.
Ada kalanya baju yang baru disayang-sayang, tapi terus dibuang.

Ada kalanya kita lupa, apa yang bikin kita dulu beli baju baru.
Ada kalanya kita egois.

Ada kalanya kita sebenernya emang harus nerima aja dan menjalani pilihan yang udah diambil.

***

Ada kalanya kita gak tau apa yang kita mau.

Ada kalanya kita gak tau harus gimana.
Ada kalanya kita tau, tapi gak bisa.
Ada kalanya kita bisa, tapi gak mau.

Ada kalanya kita di posisi orang dalam dilema itu.
Ada kalanya kita di posisi orang yang beli baju ketika baju yang pernah dipake dijual lagi.
Ada kalanya kita di posisi orang yang beli baju yang belum pernah dipake.
Ada kalanya kita di posisi si baju lama.
Ada kalanya kita di posisi baju baru yang pernah dipake berkali-kali.
Ada kalanya kita di posisi baju baru yang baru sekali dipake.
Ada kalanya kita di posisi.. sulit.

Ada kalanya si baju disimpen,
Ada kalanya dibuang,
Ada kalanya dijual lagi.

***

Untung baju gak punya hati, ya.

Tapi kita kan punya.

Kalau kita di posisi si baju,
Kita bisa milih mau atau ngga.
Dan pas atau ngga.
Kita juga bisa ngerasa nyaman.
Kita juga bisa berharap.

Dan kalau kita di posisi si pemilik baju,
Kita bisa mikir ‘baju’nya mau atau ngga.
Dan pas atau ngga.
Kita juga bisa bikin si ‘baju’ ngerasa nyaman.
Kita juga bisa bikin si ‘baju’ berharap.

Dan kita bisa mikir apa efeknya buat kita dan orang lain.

Ada kalanya kita bahagia.
Ada kalanya kita marah.
Ada kalanya kita sedih.
Ada kalanya kita kasihan.
Ada kalanya kita sayang.

Ada kalanya kita emang harus mikirin orang lain.
Ada kalanya kita malah harus mikirin diri sendiri.

Ada kalanya kita harus melihat ke depan.
Ada kalanya kita harus sayang sama diri sendiri dan mulai punya kemauan.

That’s one small part of life.
In life, shit happens.
But even shit teaches you something.

Hidup itu komedi. Ngerti gak ngerti ketawain aja.
Percaya aja sama yang bikin.

Ada kalanya komedinya emang komedi satir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s